Hari Bumi ke 50 di Situasi Pandemi Covid-19

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Hari Bumi atau Earth Day yang pada setiap tahunnya dirayakan dan ditetapkan pada tanggal 22 April merupakan hari penghijauan sedunia (Green World). Biasanya pada tanggal tersebut, suatu komunitas berkumpul dan melakukan penanaman pohon.

Namun kendati pada tahun ini (2020) dimana situasi dalam keadaan darurat pandemi covid-19, hari bumi ini tak dirayakan dengan meriah, berkumpul dan menanam pohon dengan banyak orang.

Meski demikian, beberapa komunitas tetap merayakannya meski hanya melalui dunia digital, berbagi foto dan saling bertukar gambar.

Tak hanya itu, mesin telusur Google juga ikut memperingati hari bumi ini dengan mengubah tampilan Google Doodle. Perubahab itu berwarnakan hijau yang terdapat gambar pohon dan juga terdapat hewan seperti lebah.

Sebelumnya tampilan google doodle ialah bertemakan “Thank You Coronavirus Helpers” teruntuk mereka yang telah menolong. Yakni dalam upaya mencegah covid-19 dan mengobatinya.

Pergantian Google Doodle yang tepat berada di atas form pencarian tersebut berganti menjadi hari bumi. Namun ketika dijumpai di laman Blog.Google.Com, tidak terdapat artikel mengenai hari bumi.

Sejarah hari bumi

Melasir laman Wikipedia, bahwa hari bumi Dicanangkan pertama kali oleh seorang pengajar lingkungan hidup tahun 1970 yang lalu. Dia bernama Gaylord Nelson asal Amerika Serikat.

Bahkan hari bumi juga dirayakan ileh PBB, dan kin hari bumi telah diperingati sebanyak lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network ).

Komentar