Masyarakat Adat Panjalu Ciamis Melakukan Pengambilan Air Suci

oleh

CILACAP.INFO – Masyarakat Adat Panjalu Ciamis Melakukan Pengambilan Air Suci di Sungai Cibeet aria Salingsingan Bingkeng sebagai pembersihan pusaka.

Acara yabg digelar rutinan dalam satu tahun sekali itu dinamakan Acara “Nyangu Bersih Pusaka Masyarakat Adat Panjalu Ciamis”.

Lokasi sungai yang digunakan untuk pengambilan air suci itu adalah Sungai Cibeet Aria Salingsingan Bingkeng Dayeuhluhur Cilacap.

Namun sebenernya masih ada 19 lokasi pengambilan air suci lagi, jadi total 20 air suci yang diambil dari 20 lokasi.

Air suci yang diambil dari tempat atau sungai keramat itu akan digabungkan menjadi satu dalam wadah. Nantinya air tersebut digunakan untuk membersihkan benda pusaka. Mereka juga mengunjungi Gunung Hanum Dayeuhluhur.

Baca Juga :   Pelantikan Perangkat Desa Cijeruk Kecamatan Dayeuhluhur

Para peserta komunitas adat itu terlihat menggunakan pakaian serba hitam-hitam dan juga udeng-udeng. Tampak kaum wanita juga turut serta dalam agenda tersebut.

Ritual adat yang dilaksanakan dalam 1 tahun sekali itu juga dilakukan untuk acara pada bulan Maulid.

Kalender bulan Maulid dalam islam yakni bertepatan dengan Rabi’ul Awal. Dalam kalender nasional pada tahun 2019 ini jatuh pada akhir bulan Oktober dan sampai November.

Air tersebut, nanti jika usai digunakan untuk pembersihan pusaka, akan dibagikan untuk menjadi air berkah. Masyarakat di Dayeuhluhur menggelar acara itu karena masih ada darah leluhur Panjalu (Kawali) Ciamis). Khusunya di wilayah dekat sungai Cibeet Aria Salingsingan Bingkeng Dayeuhluhur.