Pertamina Bersih-bersih Pantai Permisan Cilacap

oleh

CILACAP.INFO – Momentum World Clean Up Day (WCD) 2020 dimanfaatkan oleh Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai Permisan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, akhir pekan lalu. Kegiatan dipimpin langsung oleh General Manager Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto bersama tim manajemen dan keluarga serta komunitas pecinta alam Pertamina RU IV Cilacap Patrapala.

Joko mengungkapkan, Pertamina RU IV selalu ambil bagian dalam event WCD setiap tahunnya dengan lokasi yang berbeda. “Peringatan World Cleanup Day menjadi sarana meningkatkan kesadaran kami semua untuk sayang bumi dengan berperilaku bersih dan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya, pada Jumat, 25 September 2020.

Menurutnya keindahan Pantai Permisan harus dijaga sebaik-baiknya oleh siapapun yang memiliki kepedulian.

“Pantai Permisan relatif jarang dikunjungi wisatawan karena lokasinya berada di kawasan khusus. Meski demikian tetap saja banyak sampah berserakan di tepi pantai karena biasanya itu terbawa oleh ombak laut lepas. Maka pada kesempatan langka ini kami manfaatkan sebaik-baiknya dengan aksi bersih pantai,” katanya.

Kegiatan yang dilakukan Kilang Cilacap pada WCD ini menjadi bagian dari aksi bersih-bersih serentak satu hari di seluruh dunia.

Tujuannya, menurut Joko, menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah.

“Selain itu aksi itu penting untuk meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi,” ujarnya.

Indonesia menorehkan sejarah dengan menjadi negara pemimpin cleanup terbesar di dunia dua tahun berturut-turut, pada 2018 dan 2019.

Selain turun langsung dalam aksi bersih-bersih pantai, Pertamina juga menyerahkan bantuan masker untuk Core Team WCD 2020 tingkat Kabupaten Cilacap.