Pertunjukan Ronggeng di Dayeuhluhur Cilacap

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cilacap bersama Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) menggelar pertunjukan kesenian Ronggeng ‘Sri Kecana Wangi Bosih Group’. Adapun pertunjukan dihelat di Pendopo Kecamatan Dayaeuhluhur, Sabtu (1). Acara tersebut dibuka olwh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Drs. M. Wijaya.

Dalam sambutannya Drs. M. Wijaya mengatakan bahwa. Acara tersebut digelar dengan tujuan sebagai sosialisasi dan promosi. Dalam hal ini yaitu atas pencapaian dan keberhasilan pemerintah dalam pembangunan di berbagai sektor.

Masih menurut Wijaya, Kabupaten Cilacap memiliki berbagai kekayaan dan khazanah budaya. Salah satunya yakni seni budaya yang terdapat di Kecamatan Dayeuhluhur. Dimana kecamatan ini memiliki budaya yang khas yaitu memiliki kesenian yang memiliki unsur jawa banyumasan dan pasundan.

“Sesuai dari arahan Bupati Cilacap Haji Tatto Suwarto Pamuji, kami berupaya menjaga agar patok-patok budaya yang ada di Cilacap jangan sampai tergeser di tengah perkembangan era globalisasi.” Ucap wijaya.

Masih di acara yang sama, Camat Dayaeuhluhur, Drs. Hari Winarno sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Diskominfo Kabupaten Cilacap atas terselenggaranya acara ini. Inilah Dayeuhluhur yang memiliki ciri khas kearifan lokal dalam kesenian dan kebudayaan.” Kata Hari Winarno.

Dengan itu, maka Camat Dayeuhluhur mengungkapkan perlunya rasa syukur bersama atas terpelihara dan terjaganya adat dan budaya. “di tengah kemajuan teknologi informasi kita patut untuk bersyukur, pasalnya adat dan kebudayaan masih tetap terjaga.” Ungkap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Hari juga tak lupa tentang potensi wisata yang ada di dayeuhluhur. “Di dayeuhluhur ini banyak spot wisata yang masih alami, kami berharap agar adanya spot wisata di sini tetap dijaga kelestariannya. Hal ini agar banyak para wisatawan baik lokal dari luar daerah berkunjung kesini.” Ucap Heri.

Komentar