Berita Lifestyle

Katanya Beracun, Ternyata Buah Maja atau Cumplung Banyak Khasiatnya

Buah Maja atau Cumplung by Pixabay
Buah Maja atau Cumplung by Pixabay

CILACAP.INFO – Banyak orang yang beranggapan bahwa Buah Maja atau di kota lain menyebutnya Berenuk, ada juga yang mengatakan Cumplung adalah buah yang tidak layak untuk dikonsumsi karena beracun.

Bahkan apabila terdapat Pohon Maja di pekarangan Rumah atau Kebun, tidak ada orang yang ingin memetiknya.

Buahnya pun dibiarkan begitu saja hingga jatuh ke tanah dengan sendirinya dari pohonnya.

Itu karena presepsi masyrakat yang sudah melekat dan turun-temurun bahwa buah ini dianggap beracun.

Artikel ini ditulis bermula dari melihat tayangan video yang muncul di beranda Youtube yang mana banyak pembuat konten kuliner ekstrem demi mendapatkan subscribe.

Namun setelah ditelusuri dari berbagai sumber dengan seksama, ternyata kami menemukan sebuah fakta bahwa sebenarnya buah yang memiliki nama ilmiah Aegle Marmelos ini memiliki banyak manfaat dan khasiatnya.

Beberapa manfaat dari Buah Maja ini antaranya dapat menjadi Obat Herbal Alami sebagai Antibiotik, Meredakan Diare dan Disentri, Membantu menyembuhkan Luka, Dapat menyembuhkan gejala gatal-gatal.

Selain itu juga dapat dikonsumsi sebagai Obat Anti Kanker, Anti Malaria, Dapat Menurunkan Demam, Maagh, Meningkatkan Stamina dan lain sebagainya.

Bahkan Buah ini dipercaya dapat dikonsumsi untuk mencegah kehamilan, dengan kata lain bahwa buah Maja ini dapat menjadi obat herbal alami untuk Kontrasepsi.

Dibeberapa daerah mungkin saja Buah ini tidak diminati karena dianggap buah beracun, namun dibeberapa daerah lainnya justru buah ini dibudidayakan dan dipetik untuk dijual.

Adapun Buah Maja ini juga bisa dikonsumsi secara langsung atau dijadikan rujak dan rasanya terbilang menis.

Berdasarkn fakta, Ternyata Buah Maja dan Berenuk tidaklah sama, nama ilmiahnya pun bahkan berbeda, untuk Berenuk memiliki nama ilmiah Crescentia Cujete.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait