Gampang Banget Buat Minuman ini di Rumah untuk Buka Puasa

by

CILACAP.INFO – Tidak terasa bahwa hari Selasa 13 April 2021 adalah puasa pertama. Bagi Umat Muslim, Puasa Ramadhan adalah kewajiban, Puasa Ramadhan bagi Umat Muslim dilakukan setiap satu tahun sekali dan selama satu bulan penuh.

Dimana kewajiban tersebut dijalankan oleh umat islam di seluruh penjuru dunia.

Adapun ayat Al Qur’an yang menerangkan tentang Puasa Ramadhan yakni terdapat pada Surah Al Baqarah ayat ke 183, bahwasanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah 2 : 183).

Umat islam menjalankan Puasa Ramadhan diawali dengan Niat, namun niat ini biasanya jika di Jawa dibaca bersama-sama usai salat Tarawih.

Kemudian untuk memulai Puasa maka kita dianjurkan untuk Sahur sebelum tiba waktu imsak atau adzan Shubuh.

Seharian suntuk tidak makan dan minum, dan waktu berbuka puasa bertepatan dengan Adzan Maghrib.

Rasanya bilamana berbuka puasa tanpa adanya minuman yang seger-seger ada yang kurang.

Masyarakat di Jawa terbiasa membuat minuman manis seperti Kolak, Sirup dan lain-lain.

Namun tak ada salahnya jika membuat minuman yang segar dan dingin kekinian.

Berikut adalah 5 Daftar Minuman yang Cilacap.info Himpun untuk menu buka puasa :

1. Es Jelly Leker

Membuat minuman kekinian seperti es jelly leker ternyata tidak susah meskipun tidak punya bubuk Capuccino, pasalnya ada cara alternatif yang tak kalah maknyus.

Yakni satu sachet kopi cappucino dan satu sachet susu cokelat, kemudian irisan cincau hitam namun apabila tidak ada bisa buat dengan agar-agar yang kenyal.