Tips di Kota Agar Tidak Kecopetan

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Ke luar kota bagi sebagian masyarakat bukannya tanpa sebab, bisa jadi itu adalah tuntunan untuk mencari nafkah buat keluarganya dan bisa untuk tabungan masa depan.

Namun ke luar kota seperti ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Semarang, Yogyakarta (D.I.Y), Surabaya para perantau diharapkan untuk berhati-hati.

Seperti merantau ke Jabodetabek, tujuan daripada merantau ke sana yakni dikarenakan lapangan kerja dan perusahaan-perusahan kian banyaknya.

Namun, jika belum hafal daerah maka siapa saja harus lebih berhati-hati dan waspada. Pasalnya tindakan-tindakan yang tidak diinginkan bisa saja terjadi pada siapa saja, salah satunya yakni Kecopetan.

Copet kian marak dan meresahkan, Bahkan copet memanfaatkan situasi di kendaraan-kendaraan umum, seperti di bus antarkota. Pelaku copet ada yang dilakukan 1 orang dan ada juga yang berkelompok.

Pelaku yang melakukan aksinya dengan berkelompok biasanya dia masuk berjumlah beberapa orang dan duduk di bangku yang masih kosong jika memang sepi penumpang.

Kala ada orang berpenampilan dengan pakaian agak keren dan mengetahui sakunya terdapat tonjolan dompet, kemudian bersiap ingin berhenti dan berkata pada supir dan kernet, di sinilah copet bisa beraksi.

Ketika hendak turun, justru tiba-tiba para gerombolan itu mendadak ingin turun dan memepet calon korbannya. Dalam situasi seperti itu salah satu copet beraksi dan berlari. Kemudian gerombolan yang hendak turun itu mendadak duduk lagi. Kemungkinan dia akan turun di lokasi lain agar tidak dicurigai sebagai komplotan maling.

Secara nalar mereka yang tadinya duduk mendadak berdesakan ingin turun dan malah tidak jadi, jelas mereka komplotan maling alias copet meski yang eksekusi dompet adalah satu orang.

Untuk itu agar terhindar dari hal-hal seperti di atas, maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Komentar