Cerita Mistis GUNUNG GOHONG, Gunung Gaib di Kedungreja Cilacap

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Gunung Gohong, gunung yang menyimpan banyak hal yang menjadi teka-teki, gunung gohong sendiri mempunyai nama lain yaitu gunung goong, yang mempunyai arti gundukan tanah yang tinggi dan terdapat gong di gunung gohong ini.

Gunung gohong pada jaman dahulu mempunyai gong namun tidak ada yang tau pasti tempat gong tersebut sekarang, gunung gohong mempunyai gong karena desa sekitar kental akan kesenian jawa yang menggunakan gong.

Masyarakat disekitar juga melaksanakan kesenian jawa di gunung gohong, gong yang berada di gunung gohong konon kerap mengeluarkan suara dan banyak orang yang mendengar suaru-suaru gong berbunyi.

Suaru itu cukup membuat masrakat bergidik ngeri namun karena sudah menjadi hal yag biasa masyarakat sudah terbiasa dengan suara gong yang muncul.

Gunung gohong disebut mencerminkan dari masyarakat sekitar yang ada di gunung gohong.

Sebelah timur gunung gohong disebut (Pusaka) karena banyak dari masyarakat sebelah barat yang memiliki pusaka-pusaka.

Dimana Pusaka-pusaka tersebur digunakan untuk kesaktian-kesatian pada jaman dahulu.

Selanjutnya timur gunung gohong disebut dengan (nasi kuning), mengapa disebut demikian?

Usut punya usut karena masyarakat disebelah timur gunung gohong konon orangnya banyak yang berlimpah harta, sehingga tidak ada yang kekurangan, mereka serba berkecukupan bahkan lebih.

Selanjutnya utara gunung dari disebut dengan (kesenian), hal ini karena masyarakat sebelah utara gunung gohong banyak melakukan kegiatan kesenian.

Contohnya ada kuda lumping dan sintren hal itu masih terjaga sampai hari ini, masyarakat masih melakukan kesenian-kesenian yang kental akan kejawen yang ghoib.

Gong yang berada di gunung gohong juga tidak lupa meninggalkan teka teki yag banyak, ada yag bilang gong itu akan muncul jika ada yang memintanya namun gong itu harus dikembalikan ketempat semula ketika selesai digunakan.

Komentar